Tugas 2 - Pengembangan KD Menjadi Indikator

Tugas Kedua Workshop Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) SMK Produktif, Program Diktat Teknik Komputer dan Informatika di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Tahun 2013. Mengembangkan KD menjadi Indikator pada Mata Pelajaran Permrograman Dasar, Untuk Siswa Kelas X SMK (Rekayasa Perangkat Lunak).
Pengembangan KD Menjadi Indikator
Mata Pelajaran             : Pemrograman Dasar
Kelas                             : X (Sepuluh)
Guru                              : Taopik Kurrohman
Semester                       : 1 (Satu)
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
KD
:
3.1   Memahami penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman
Indikator
:
1.       Memahami konsep algoritma, dan Struktur algoritma
2.       Memahami karakteristik tipe data, variabel, operator, pseudocode, dan flowchart
3.       Mengamati berbagai contoh penerapan algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KD
:
4.1   Menggunakan algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan
Indikator
:
1.       Membuat algoritma sederhana untuk menyelesaikan permasalahan menggunakan bahasa natural, flowchart dan pseudocode
2.       Menerapkan konsep algorima (bahasa natural, flowchart dan pseudocode) untuk menyelesaikan permasalahan
3.       Mempresentasikan algoritma penyelesaian permasalahan
Keterangan:
KI = Kompetensi Inti
KD = Kompetensi Dasar

Post a Comment