Personal Phylosophy - Perjalanan Awal Pendidikan

Tak ada sebuah rencana di balik perjalanan yang telah saya lalui dan tak pernah terlupakan kisah-kisah tersebut dalam kehidupan. Salahsatunya adalah kisah perjalanan pendidikan saya. Perjalanan hidup masih panjang tetapi perjalanan pendidikan yang telah saya lalui merupakan pedoman pengalaman berharga bagi saya. Menurut saya dunia pendidikan adalah proses hidup dan sahabat karib manusia di bumi ini.

Setiap langkah untuk mencapai kesuksesan yang di impikan akan mengalami banyak masalah, tetapi Insya Allah tiap masalah tersebut akan dapat diatasi. Sukses tidak terlepas dari keraguan, kegagalan maupun hidup dalam penderitaan.

Berikut ini sekilas kisah perjalanan pendidikan saya yang penuh liku, penuh dengan kegagalan dan hidup dalam kegelapan menuju proses mencari kehidupan yang lebih terang.
  • Tingkat SD
Ketertarikan saya terhadap dunia pendidikan sudah saya tunjukan sejak dini. Disaat anak-anak usia 5 tahun masuk Taman Kanak-kanak, saya sudah masuk Sekolah Dasar. Prestasi saya di SD bisa dibilang lumayan, selain prestasi akademik, selama 6 tahun saya juga bisa mempertahankan juara “kerapihan”. Cukup membanggakan waktu itu.
  • Hampir Tertunda Masuk SMP
Kabar buruk datang dari Guru saya yang mengabarkan bahwa saya tidak bisa melanjutkan ke SMP Negeri karena usia saya belum cukup. Saya tidak tahu apakah ada peraturan seperti ini. Akhirnya setelah bernegosiasi dengan berbagai pihak, saya bisa masuk di SMP N 1 Cijulang. Salah satu sekolah favorit di daerah saya. Prestasi saya di SMP masih cukup lumayan, walaupun tidak begitu menonjol, mungkin karena saiangannya sangat banyak.

Post a Comment