Tugas Kedua Workshop Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) SMK Produktif, Program Diktat Teknik Komputer dan Informatika di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Tahun 2013. Mengembangkan KD menjadi Indikator pada Mata Pelajaran Permrograman Dasar, Untuk Siswa Kelas X SMK (Rekayasa Perangkat Lunak).
Pengembangan KD Menjadi Indikator
Mata Pelajaran :
Pemrograman Dasar
|
Kelas : X
(Sepuluh)
|
Guru :
Taopik Kurrohman
|
Semester : 1
(Satu)
|
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
Mengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas pelbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang
spesifik untuk memecahkan masalah.
|
KD
|
:
|
3.1 Memahami
penggunaan data dalam algoritma dan konsep algoritma pemrograman
|
Indikator
|
:
|
1.
Memahami konsep algoritma, dan Struktur algoritma
2.
Memahami karakteristik tipe data, variabel, operator, pseudocode, dan
flowchart
3. Mengamati
berbagai contoh penerapan algoritma dasar dalam kehidupan sehari-hari
|
KI 4
|
:
|
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KD
|
:
|
4.1 Menggunakan
algoritma pemrograman untuk memecahkan permasalahan
|
Indikator
|
:
|
1.
Membuat algoritma sederhana untuk menyelesaikan permasalahan
menggunakan bahasa natural, flowchart dan pseudocode
2.
Menerapkan konsep algorima (bahasa natural, flowchart dan pseudocode)
untuk menyelesaikan permasalahan
3.
Mempresentasikan algoritma penyelesaian permasalahan
|
Keterangan:
KI = Kompetensi Inti
KD = Kompetensi Dasar
Post a Comment