Tugas Pertama Workshop Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi (PPGT) SMK Produktif, Program Diktat Teknik Komputer dan Informatika di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Tahun 2013. Membuat Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, dan Kolaborasi pada Mata Pelajaran Seni Musik, Untuk Siswa Kelas XI SMK.
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA
KELAS : XI (SEBELAS) SMK
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOLABORATIF
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menunjukkan sikap penghayatan dan
pengamalan serta bangga terhadap karya
seni musik sebagai bentuk rasa syukur terhadap
anugerah Tuhan
|
|
2. Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia
|
2.1
Menunjukkan sikap kerjasama, bertanggung
jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
2.2
Menunjukkan sikap santun, jujur, cinta damai dalam mengapresiai seni dan pembuatnya
2.3
Menunjukkan sikap responsif dan pro-aktif,
peduli terhadap lingkungan dan sesama, menghargai karya seni dan pembuatnya
|
|
3.
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan meta kognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
|
3.1
Menganalisis konsep, teknik dan prosedur dalam proses berkarya musik
3.2
Mengevaluasi
karya musik berdasarkan bentuk, teknik,
jenis karya, dan nilai estetisnya
3.3
Menganalisis hasil penampilan pergelaran musik berdasarkan
konsep, teknik dan prosedur yang
digunakan
3.4
Menganalisis hasil pergelaran musik berdasarkan konsep, teknik. prosedur, dan tokoh pada
kritik musik sesuai konteks
budaya
|
|
4.
Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif , serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Mengubah musik secara sederhana dengan
partiturnya
4.2
Menulis karya musik sederhana
4.3
Menampilkan musik idividual. Kelompok atau
paduan suara
4.4
Membuat tulisan tentang karya-karya musik
dan pencipta
|
4.1.a Mengubah musik dan partiturnya
secara sederhana menggunakan Software
(Audacity, dan Sibelius)
4.1.b Menyimpan musik hasil editing dalam format
file .mp3
4.2.a Menulis karya musik sederhana menggunakan software Ms Word
4.3.a Menampilkan musik menggunakan pemutar musik
yang tersedia (komputer, tablet PC, dan handphone)
4.4.a Membuat tulisan tentang karya-karya musik
dan penciptanya menggunakan Ms. Word
4.4.b
Mempublikasikan tulisan pada blog pribadi masing-masing.
|
Kolom berwarna merah pada tabel merupakan kolaborasi TIK untuk Mata Pelajaran Seni Budaya
Post a Comment